Pelayanan Advokasi Kesehatan, BBHAR Lamsel Siapkan Ambulance Gratis & Kepengurusan BPJS

Pelayanan Advokasi Kesehatan, BBHAR Lamsel Siapkan Ambulance Gratis & Kepengurusan BPJS
Pelayanan Advokasi Kesehatan, BBHAR Lamsel Siapkan Ambulance Gratis & Kepengurusan BPJS

Kalianda - Tidak perlu banyak bicara apalagi baru sebatas janji-janji, tetapi cukup buktikan dengan terus bekerja tanpa lelah untuk rakyat, seperti itu lah gambaran konsistensi yang ditunjukkan oleh Badan Bantuan Hukum & Advokasi Rakyat Lampung Selatan (BBHAR Lamsel) hampir nyaris 3 tahun belakangan ini memberikan pelayanan advokasi kesehatan kepada masyarakat.

Tidak sampai disitu, BBHAR bahkan dalam pendampingan advokasi kesehatan tersebut, setiap harinya bukan hanya dengan hitungan jari atau belasan saja, tapi terkadang hingga mencapai angka puluhan pasien yang mesti dilayani. Baik itu antar - jemput pasien maupun kepengurusan BPJS. Tak pelak, advokasi itu dilakukan seperti tak ingat waktu lagi, dari pagi matahari terbit hingga pagi kembali.

Kepala BBHAR Lamsel, Merik Havit SH MH kepada wartawan menjelaskan, pelayanan advokasi kesehatan yang dilaksanakan BBHAR itu berupa pengelolaan mobil ambulans dan pendampingan kepengurusan BPJS bagi pasien kurang mampu.

"Siapa pun masyarakat yang membutuhkan kendaraan ambulans, tinggal menghubungi kontak staff center BBHAR dan itu tidak dipungut biaya apapun alias gratis," ujar Merik Havit, Jumat 17 Mei.

Sedangkan untuk pendampingan kepengurusan BPJS, terus Merik, maksudnya adalah memberikan jaminan kepada warga supaya tidak usah ragu jika ingin berobat ke rumah sakit. Menurut Merik, kesehatan adalah hal utama yang menjadi prioritas.

"Bagi warga yang ingin berobat ke rumah sakit tak perlu ragu lagi, karena kesehatan itu yang utama. Masalah warga masyarakat yang belum memiliki BPJS, tim BBHAR yang bakal mendampingi untuk kepengurusan," imbuhnya seraya menambahkan kepengurusan BPJS itu bagi tujuan rumah sakit manapun, baik rumah sakit milik pemerintah maupun swasta di Lamsel.

Merik menuturkan, pelayanan advokasi kesehatan oleh BBHAR tersebut merupakan arahan dari Ketua DPC PDIP Lamsel, Hi Nanang Ermanto. Dimana, sambung Merik, dalam arahannya BBHAR memang diminta untuk concern memberikan pelayanan ke masyarakat yang sifatnya kebutuhan mendasar dan juga mendesak.

"Kami diminta pak Nanang Ermanto agar lebih dekat ke masyarakat, dengan memberikan bantuan yang memang benar-benar bantuan itu dibutuhkan dan sifatnya juga mendesak dan darurat untuk segera dilaksanakan," tutur Merik yang sebelumnya dikenal sebagai Lawyer ini.

Merik tak menampik jika jumlah warga masyarakat yang mesti dilayani setiap harinya makin hari makin meningkat. Menurut dia, hal itu merupakan sebuah amanah dari rakyat yang wajib terus dilaksanakan..

"Alhamdulillah, belum lama ini kami telah mendapatkan bantuan tambahan 1 armada ambulans lagi dari ketua DPC PDI-P kami, pak Nanang Ermanto, pesannya agar terus dimaksimalkan untuk pelayanan ke masyarakat," ucap Merik.